timemanagement_1600x900

Alkisah di dalam sebuah hutan, hiduplah seekor lebah bernama Bee. Bee adalah seekor lebah yang  sangat menikmati hidupnya. Setiap hari dia pergi mencari nektar lalu ia mengumpulkan semua itu di sarangnya sehingga menjadi madu. Suatu hari ada seekor beruang yang sangat kelaparan dan ingin memakan madu. Lalu bertemulah sang beruang dengan sarang yang selama ini dihuni oleh Bee. Ketika sang beruang mulai menyerang sarang lebah, tanpa berpikir panjang Bee langsung menyengat sang beruang. Malang nasib Bee, dia tidak tahu bahwa setelah dia menyengat sang beruang, dia akan kehilangan bagian tubuhnya yang akan membuat dia kehilangan cairan. Akhirnya Bee pun mati.

Cerita diatas merupakan gambaran tentang aspek genetik yang sudah diprogram dalam diri setiap makhluk hidup. Setiap makhluk hidup telah memiliki program masing-masing untuk cenderung pada satu hal dan lainnya. Begitu pula untuk kita sebagai manusia. Kita memiliki kecenderungan untuk melakukan suatu hal, terutama hal-hal yang memberikan reward instan. Terkadang hal ini justru menghambat kita untuk mencapai tujuan jangka panjang yang lebih penting. Sebut saja junk food, video game, dan konten porografi. Hal-hal semacam ini menghambat kita untuk mencapai tujuan hidup yang lebih utama seperti kesehatan, kedamaian hati, atau cinta yang tulus. Keadaan seperti ini, Supernormal Impulsion, sering digunakan oleh industri sebagai alat untuk mendapatkan konsumer.

Beruntungnya, kita sebagai manusia diberi kesempatan untuk mengkode ulang semua program yang ada pada diri kita melalui berdisiplin. Disiplin bukanlah tentang membatasi diri untuk melakukan sesuatu. Disiplin bukan pula sebuah bentuk kekakuan dalam hidup. Disiplin adalah cara ampuh untuk bisa terbebas dari kefanaan yang ditawarkan oleh kehidupan (red: nafsu). Dengan mendisiplinkan diri, kita mampu mencapai tujuan hidup dengan lebih terarah tanpa terganggu oleh gejala-gejala naluriah kita sebagai manusia.

Oleh sebab itu, mari mendisiplinkan diri untuk hidup dengan lebih baik.

W, Bukittinggi, 23-8-2017

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: