besok-kominfo-luncurkan-gerakan-nasional-1000-technopreneur-apwogp7hjg

Beberapa hari yang lalu saya berkesempatan untuk mengikuti kegiatan iginition dari Gerakan Nasional 1000 Startup Digitial di Bandung. Dalam kegiatan ini terdapat beberapa sesi yang sangat inspiratif mengengai beberapa hal fundamental yang harus tertanam dalam jiwa seseorang yang ingin membangun sebuah startup. Berikut adalah beberapa insight yang saya dapatkan selama mengikuti kegiatan kali ini.

Entrepreneurial Mindset

Indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak sekali potensi. Akan tetapi potensi hanyalah tinggal postensi jika manusia-manusia yang hidup di dalamnya tidak melakukan aksi. Seharusnya Indonesia dapat mejadi pemain besar di asia tenggara, bahkan asia. Namun frase “bangsa aduh” masih melekat pada negeri ini, mengutip dari perkataan koh Yansen. Oleh sebab itu, kita harus mulia bergerak dengan jiwa enterpreneur dan menyelesaikan permasalahan di bangsa ini.

Building Entrepreneurial Ecosystem

Ketika hendak menjalankan sesuatu, kita harus membangun ekosistemnya terlebih dahulu. Proses yang dilakukan oleh Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah dalam upaya membangunan ekosistem tersebut. Alamanda Shatika, sebagai seorang mantan VP Production di GOJEK, memaparkan bahwa ada beberapa hal yang dapat menjadi pegangan ketika akan membangun sebuah startup, antara lain Disruptive Innovation, Data Beats emotion, and Problem is oportunity. Dengan mempertimbangkan beberapa hal tersebut, diharapkan kita mampu membangun ekosistem startup dengan baik.

Don’t Start a Business, Solve a Problem

Dalam Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, kita tidak dituntut untuk membangun sebuah bisnis. Solve the Problem First, and money will come to you. Gerakan ini mengedukasi pesertanya dalam memahami design thinking, validasi ide, serta membuat model bisnis yang baik. Ketika kita mampu menyelesaikan suatu permasalahan yang ada masyarakat, maka mereka akan dengan mudah mengeluarkan rupiahnya untuk menyelesaikan masalah tersebut. Maka fokuslah dalam menyelesaikan suatu masalah.

Innovating with Creativity

Dalam membangun sebuah startup kita juga harus terus berinovasi. Kreativitas adalah salah satu poin penting yang harus dikedepankan dalam hal ini. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan inovasi. Sebut saja target market, competitive advantage, early adapter dan memunculkan konten kreatif. Proses discovery dalam pengembangan startup dapat diimplementasikan dengan berbagai jenis model pembangunan startup. Dalam sesi ini, Arief Widhiyasa, CEO dari Agate Studio merekomendasikan buku-buku Jim Collins untuk diabaca oleh para calon founder startup.

How to Think like a Founder

Lalu bagaimana seharusnya seorang Founder berpikir? Ada beberapa sifat yang harus dimiliki oleh seorang founder. Diantaranya adalah pantang menyerah, berpikir jangka panjang, dan jangan merasa paling pintar. Seorang founder harus terus belajar, mampu mendengar kebutuhan konsumen dan mampu berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah. “To change the thing by the way you thing”.

Demikianlah beberapa poin penting yang disampaikan pada tahap ignition gerakan nasional 1000 startup digital. Semoga bagi siapapun yang belum berkesempatan hadir dalam tahap igniton, setelah membaca tulisan ini, tergerak hatinya untuk membagun Indonesia yang lebih baik. Salam 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: