Beberapa hari ini, saya mulai memikirkan satu hal. Ini tentang gaya hidup orang-orang zaman ini. Kebanyakan orang terus berlomba-lomba untuk menjadi yang paling “update” di lingkungannya. Hal ini membentuk satu lingkungan yang konsumtif.

Misal saja tentang perkembangan gadget. Setiap kali ada gadget terbaru, mereka akan berlomba-lomba menjadi orang pertama mencicipi, menjadi orang orang pertama yang update di lingkungannya. Entah apa yang sebenarnya mereka kejar. Tapi hal ini terlihat begitu konsumtif di mata saya. Ke mana nilai-nilai kesederhanaan yang dulu sering ditekankan ketika di sekolah dasar?

Kesederhanaan bukanlah sebuah kehinaan. Kesederhanaan bukanlah sebuah pelarian untuk orang yang tidak mapan. Kesederhanaan adalah sebuah pilihan ketika kita akan menjalani kehidupan. Bukan menjadi yang terhebat, bukan menjadi yang terdepan, bukan pula menjadi seseorang yang diagungkan. Kesederhanaan adalah bentuk lain dari cara mensyukuri hidup.

Kesederhanaan kini telah tenggelam oleh kemajuan zaman. Kebanyakan orang terbawa arus perkembangan, melupakan tentang makna sebuah kesederhanaan. Sebab dengan kesederhanaan seseorang akan lebih mengerti tentang kehidupan. Mengerti tentang apa yang orang lain rasakan. Semoga akan muncul orang-orang yang dipenuhi dengan kesederhanaan.

Mohon maaf bila gaya bahasanya berantakan. Saya hanya berusaha mencurahkan kegundahan. Terimakasih.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: