Self-Upgrading (Tazkiyatun Nafs)

Dalam surat Asy-Syam, Allah SWT bersumpah berkali-kali. Tentang apakah gerangan hingga Allah bersumpah. “Sungguh beruntung orang-orang yang mensucikan dirinya” (Q.S Asy Syam: 9)

Sore ini saya kembali mendapatkan pengajaran baru tentang tazkiyatun nafs dari ustadz Cucu Alghifari. Sang ustad memaparkan bahwa sebagai seorang manusia kita memiliki kecendrungan untuk memunculkan sifat buruk. Manusia yang hidup dengan pengajaran saja dapat menjadi pribadi yang tidak baik, apalagi manusia yang hidup tanpa pengajaran.

Manusia harus melakukan pensucian diri untuk menjadi lebih baik lagi. Hal ini juga berkaitan erat dengan salah satu misi dakwah Rasullullah yaitu untuk menempurnakan akhlaq manusia. Akan tetapi bagaimana cara melakukan self-upgrading yang satu ini?

Sesungguhnya ibadah-ibadah yang selama ini merupakan salah satu metoda dalam tazkiyatun nafs. Namun akan lebih baik jika kita memulainya dengan penarikan diri dari perbuatan maksiat. Kemudian kita mulai menghiasi diri dengan perbuatan-perbuatan ihsan. Sehingga dengan demikian jarak antara kita dengan Allah akan semakin dekat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: