Pendaftaran MAN Insan Cendekia

Halo para pembaca! Kali ini saya akan berbagi informasi mengenai sebuah sekolah yang bisa dikatakan sebagai sebuah “Kawah Candradimuka”. Sekolah tersebut adalah MAN Insan Cendekia Serpong. Jadi bagi anda yang ingin lebih tahu mengenai sekolah ini ataupun ingin mendaftar langsung aja lanjut membaca, OK!

Berikut Informasi pendaftaran IC(Insan cendekia) tahun 2015/2016

Persyaratan Pendaftaran

1. Peserta didik kelas IX MTs/Ponpes/SMP pada tahun pelajaran 2014/2015.

2. Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2015

3. Pada  semester  1  kelas  IX  tahun  pelajaran  2014/2015 merupakan peserta didik terbaik pada madrasah/ sekolah berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi kepala madrasah/sekolah asal (surat rekomendasi dibuat secara kolektif oleh kepala madrasah/sekolah asal Peserta Didik) dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Madrasah/Sekolah yang memiliki  rombongan belajar 1-5 kelas, dapat mengirimkan peserta maksimal 7 orang peserta didik berdasarkan rekomendasi dari kepala madrasah/sekolah;
  2. Madrasah/Sekolah yang memiliki  rombongan belajar  lebih dari 5 kelas, dapat mengirimkan peserta maksimal 10 orang peserta didik berdasarkan rekomendasi dari kepala madrasah/sekolah;
  3. Bagi MTs/Ponpes/SMP yang berada di wilayah dimana MAN IC baru berdiri yaitu Provinsi NAD, Sumatera Selatan, Riau, Bangka Belitung,  Kalimantan Timur dan Kota Pekalongan dapat mendaftarkan siswanya maksimal 20 orang.
  4.  Khusus pendaftar yang memiliki prestasi di bidang sains pada kompetisi tingkat nasional  (peserta pada OSN, KSM, Lomba Penelitian/Karya Ilmiah yang resmi diselenggarakan oleh Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, LIPI, Kementerian Pendidikan Tinggi dan Ristek) dapat diberikan rekomendasi dari Kepala Madrasah/Sekolah asal peserta didik  secara individu di luar batasan poin 1 s.d. 2 di atas dengan menyertakan bukti prestasinya.
  5. Khusus pendaftar yang memiliki hafalan Al-Qur’an 10 juz, dapat diberikan rekomendasi/surat keterangan dari Kepala Madrasah/Sekolah asal peserta didik  secara individu di luar batasan poin 1 s.d. 2 di atas.

Keterangan:  

  • Rombongan  belajar  adalah  jumlah  total  kelas  IX  pada madrasah/sekolah  tahun  pelajaran  2014/2015  termasuk  di  dalamnya kelas reguler, kelas unggulan, kelas internasional, kelas bilingual, dan kelas akselerasi baik putra maupun putri.

4.    Mengunggah (upload) pasfoto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm (mak. 300 kb)

5.     Mengunggah (upload) berkas persyaratan;

  1. Rapor kelas IX semester 1 (gasal) yang telah disahkan.
  2. Surat Rekomandasi Kepala Madrasah/Sekolah sebagaimana disebutkan di poin c.1 dan c.2. Contoh surat.
  3. Sertifikat/penghargaan prestasi di bidang sebagaimana disebutkan di poin c.4.
  4. Surat Keterangan/Sertifikat hafalan  Al Qur’an sebagaimana disebutkan di poin c.5.
  5. Akte kelahiran/kenal lahir.
  6. Surat keterangan dari pimpinan pondok pesantren bagi peserta didik yang tinggal (menginap) dan belajar di MTs di Pondok Pesantren. Contoh surat.

Bagi calon peserta didik dari keluarga kurang mampu secara ekonomi harap menyertakan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) / Kartu Indonesia Pintar (KIP).  Contoh surat.

Alur Pendaftaran

Membuka halaman pendaftaran online  Penerimaan  Peserta Didik Baru  MAN  Insan Cendekia Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui website MAN Insan Cendekia Serpong (www.ic.sch.id), atau website MAN Insan Cendekia Gorontalo (www.icg.sch.id), dan website MAN Insan Cendekia Jambi (www.icjambi.sch.id).

alurppdb

Jadwal

Calon Peserta Didik Baru dapat mulai melakukan pendaftaran online pada tanggal :

1 Maret 2015  s/d 1 April  2015 

Seleksi Berkas

3 Maret 2015 s/d 10 April 2015

Hasil Seleksi Berkas administrasi diumumkan melalui website pada tanggal :

20 April 2015

Pelaksanaan tes tulis pada tanggal  :

9 Mei 2015

Pengumuman kelulusan hasil tes tulis pada tanggal  :

5 Juni 2015

Daftar Ulang Calon Peserta Didik Baru pada tanggal  :

10 Juni 2015 s/d 24 Juni 2015

Awal Masuk Peserta Didik Baru pada tanggal  :

25 Juli 2015  (kecuali MAN IC Serpong 28 Juni 2015)

Biaya Pendidikan 

Berdasarkan Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 3192 Tahun 2013 tentang Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, dalam rangka memberi layanan pendidikan pada MAN Insan Cendekia yang berkeadilan, maka terhitung mulai tahun pelajaran 2015/2016 peserta didik baru MAN Insan Cendekia dibebankan biaya personal berupa :

  • biaya makan
  • pakaian seragam,
  • kebutuhan hidup diasrama yang tidak dianggarkan dalam DIPA MAN Insan Cendekia

Kecuali bagi peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu yang dibuktikan dengan Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Berdasarkan surat No. Dj.I/Dt.II/I/PP.00.6/52.B/2015 Biaya personal bagi peserta didik baru MAN Insan Cendekia Tahun Pelajaran 2015/2016 ditetapkan sebesar Rp. 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah) setiap peserta didik perbulan.

Sekian informasi mengenai pendaftaran MAN Insan Cendekia 😀
Semoga Tuhan memberikan yang terbaik untuk kita aamiin…

sumber: http://penerimaan.ic.sch.id/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: